Kamis, 14 April 2016

IN HOUSE TRAINNING "GULMA DAN PENGENDALIANNYA"

IN HOUSE TRAINNING 

"GULMA DAN PENGENDALIANNYA"


In House Trainning ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang gulma tanaman tebu dan bagaimana mengendalikannya.


Waktu Pelaksanaan :       
-    IHT Gulma dan Pengendaliannya dilaksanakan pada hari Selasa 3 November 2015 s.d. Rabu 4 November 2015.

Tempat Pelaksanaan :
-     Ruang IHT Litbang (Materi Kelas)
-     Landasan pesawat Ultralight (Diskusi dan                  Praktek)

Peserta berjumlah 87 orang terdiri dari :   
-     Asisten Afdeling, Asisten Tanam & Bibit, Asisten Mekanisasi
-          Asisten Litbang
- Mandor Besar Afdeling, Mandor Besar Tanam & Bibit, Mandor Besar Mekanisasi 
-          Mandor Herbisida

Pemateri :
-          General Manager Distrik Cinta Manis (Ir. Syukur HK)
-          Manajer Kebun Tebu Cinta Manis (Ir. Tatang Wasito)


                  PELAKSANAAN

Pelaksanaan IHT dibagi dalam 4 kelompok peserta.  Masing-masing kelompok mengikuti sesi materi kelas, diskusi, dan praktek kalibrasi knapsack sprayer dan boom sprayer.


MATERI KELAS


Bp. Ir. Syukur HK sedang menyampaikan materi.

Bp. Ir. Tatang Wasito sedang menyampaikan materi












Materi kelas disampaikan oleh General Manager Distrik Cinta Manis (Ir. Syukur HK) dan Manajer Kebun Cinta Manis (Ir. Tatang Wasito).  
Materi yang disampaikan mengenai gulma penting di perkebunan tebu, kerugian yang ditimbulkan, dan bagaimana mengendalikan gulma yang benar.






MATERI DISKUSI

Diskusi dilaksanakan di hanggar pesawat ultralight dipandu oleh General Manager, Manajer Kebun, dan Askep pendamping.  Peserta menyampaikan masalah-masalah yang dihadapi seputar pelaksanaan aplikasi herbisida di kebun.  Permasalahan-permasalahan yang disampaikan dicatat dan dinotulenkan oleh salah satu Asisten anggota kelompok masing-masing dan akan dibahas lebih lanjut oleh Asisten Tanaman, Asisten Tanam dan Bibit, dan Asisten Mekanisasi setelah selesai mengikuti IHT guna menentukan Rencana Tindak Lanjut atas masalah-masalah tersebut.








MATERI KALIBRASI
Pada sesi ini peserta diajak bersama-sama melakukan kalibrasi penggunaan knapsack sprayer dan boom sprayer.  Dengan demikian diharapkan peserta mengerti dan memahami bagaimana melakukan kalibrasi yang benar dan menerapkannya setiap akan melakukan penyemprotan herbisida di lapangan.


















PENUTUP

IHT Gulma dan Pengendaliannya ini dilaksanakan sebagai bekal guna mengantisipasi meledaknya populasi gulma pada musim penghujan yang kemungkinan akan terjadi mulai pertengahan bulan November 2015.  Dari hasil diskusi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait aplikasi herbisida :
1.      Survey gulma.
Suvey gulma penting untuk mengetahui jenis gulma yang ada, persen penutupan gulma, dan fase pertumbuhan gulma.  Selanjutnya hasil survey gulma ini menjadi dasar untuk menentukan jenis dan dosis herbisida yang digunakan.
2.      Kalibrasi alat
Kalibrasi alat harus dilakukan setiap akan melakukan penyemprotan.
3.      Pengawasan
Untuk memudahkan pengawasan aplikasi maka pemetaan kebun harus dilakukan.
4.      Perawatan alat
Baik knapsack sprayer maupun boom sprayer harus dirawat secara rutin untuk memastikan kondisi alat selalu siap dan berfungsi dengan baik.
5.      Koordinasi
Koordinasi Afdeling dengan gudang dan mekanisasi sangat penting untuk kelancaran pelaksanaan aplikasi herbisida.
6.      Sistem administrasi
Pelaksanaan pemetaan kebun, survey gulma, pembuatan AU-58, dan pelaporan harus tertata dalam sistem yang apik dan teradministrasi dengan baik.
Diharapkan dengan telah dilaksanakannya IHT Gulma dan Pengendaliannya ini, kegiatan pengendalian gulma akan bisa dikelola dengan lebih baik sehingga keberadaan gulma tidak lagi mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman tebu di Distrik Cinta Manis.

Written and posted by Winarno, S.P.
(Asisten Litbang PTPN 7 Distrik Cinta Manis)

1 komentar:

  1. SIAP BELI SINGKONG SEGAR KONDISI FRESS SAYA BAYAR KONTAN! Saya Bpk Heru Nomor Hp/Wa 081334272800 lokasi di malang - jawa timur. Kriteria segala jenis singkong asal minim umur singkong 10 bulan. Kebutuhan saya per minggu 200 ton untuk memenuhi pabrik makanan. Disamping beli saya jual singkong sortiran masih frees segar ukuran kecil untuk pakan ternak Rp 650/kg. Profil saya bisa dilihat di www.belisingkongsegar.blogspot.com & www.malangkambingdombasuper.blogspot.com NB: SAYA JUGA JUAL KAMBING BOER AUSTRALIA BOBOT BISA MENCAPAI 100 Kg, PERANAKAN ETAWA, JAWA RANDU, KACANG & DOMBA

    BalasHapus